Monday, December 14, 2015

Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung - Hallo Sobat Berkicau Mania, Artikel yang sobat baca berjudul Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung, Artikel Berikut Berisi Tentang Artikel Lovebird, Artikel Tips Dan Triks, Selamat Membaca.

Judul : Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung
link : Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung

Read More


Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung

Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung

Indukan Mabung Gmn Merawatnya?

Indukan Lovebird via pulsk.com
Salam Kicau Mania
Salam Lovebird Lovers

Sobat Berkicau Mania - tentu sudah biasa atau tidak asing dengan proses mabung pada burung sobat berkicau mania.karena setiap burung akan mengalami proses mabung.Nah mungkin ada beberapa Sobat berkicau mania yg belum tau bagaimana merawat burung lovebird indukan kita yang sedang mabung.

Sobat Berkicau Mania - Mabung sendiri merupakan Siklus alami ini memang harus dijalani oleh setiap hewan yang memiliki bulu. Hal ini tidak hanya terjadi pada burung lovebird namun semua burung, lalu apa dampak yang terjadi pada burung lovebird yang sedang mabung lalu dipaksakan menjadi indukan? ketika burung lovebird dalam kondisi mabung maka tingkat kekebalan tubuh serta kesehatan burung akan menurun pada umumnya namun anda jangan terlalu hawatir karena hal ini tidak berbahaya, hanya saja membutuhkan perhatian khusus agar burung lovebird tetap sehat dan nanti akan tetap produktif.

Sobat Berkicau Mania - Ada yang beranggapan bahwa burung mereka gagal berproduksi saat proses mabung, memang belum ada penelitian yang membuktikan hal ini. Namun jika kite melihat kondisi burung lovebird yang sedang mabung memiliki tenaga yang berkurang serta tingkat kekebalan tubuh yang menurun, apakah pantas jika kita tetap memaksakan indukan lovebird kita untuk terus menjalankan tugasnya sebagai indukan? dari beberapa pengakuan memang kebanyakan peternak mengungkapkan bahwa banyak telur yang tidak menetas ketika indukan burung lovebird sedang dalam kondisi mabung. Mendengar pernyataan itu maka sebaiknya anda melakukan perawatan yang lebih intensif untuk lovebird indukan yang sedang mabung.
Lovebird Koloni via omhoby.blogpsot.com

Nah Sobat Berkicau Mania ini ada beberapa Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan yang sedang Mabung,Sebagai Berikut :


  • Pertama : Hal yang harus anda lakukan adalah memisahkan sepasang indukan yang sedang mabung dari kandang koloni atau kandang ternak dan letakkan di kandang kapsul. Berikan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi agar dapat membantu cepatnya proses pertumbuhan bulu serta menggantikan tenaga yang terbuang dalam proses perontokan bulu.

  • Kedua, anda boleh menjemur pasangan lovebird yang sedang mabung dipagi hari saja saat sinar matahari tidak terlalu panas agar proses metabolisme tubuh lebih baik dan burung lebih sehat. Namun jangan terlalu lama karena hal ini dapat memicu birahi dari pasangan yang mungkin dalam kondisi normal (tidak mabung).
  • Ketiga, jika perlu anda bisa memandikan kedua burung seminggu sekali agar bulu tetap rapi. Sebaiknya proses mandi dilakukan saat burung mabung dalam proses tumbuh bulu bukan rontok bulu.
  • Keempat, letakkan di tempat yang sepi dan sejuk tidak terlalu panas juga dingin karena burung lovebird yang sedang mabung cenderung mudah stress. Jika anda merasa tidak bisa menyendirikan burung lovebird yang sedang mabung anda bisa menerodong burung tersebut.

Sobat Berkicau Mania - Kita harus memahami betul proses mabung ini,agar Burung lovebird kita tepat perawatannya,karena pada dasarnya masa mabung adalah masa istirahat bagi burung lovebird untuk berproduksi anakan, karena itu sebaiknya anda memahami hal ini.

Demikian Sobat Berkicau Mania Sedikit Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan yang sedang Mabung,Semoga Menjadi Inspirasi dan Ilmu yang bermanfaat.. Aamiin

Baca Juga :
Tips Agar Burung Lovebird Produktif dan Cepat Bertelur
Tips Mengatasi Burung Lovebird Terserang Kutu
Tips Berternak Lovebird untuk Pemula
Tips Perawatan Lovebird Lomba dan Harian Ala Karyawan



Salam Berkicau Mania
Dari Pojok Jagad


Itu tadi adalah Tips Perawatan Sederhana Burung Lovebird Indukan Yang Sedang Mabung
Sekian Sedikit Informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat Berkicau Mania kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

2 comments:

  1. Kalo indukane nglemak gmn om cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu bisa juga karena kurang penjemuran om.Lovebird yang kekuarangan asupan sinar matahari ditandai dengan tubuh yang gemuk, sehat namun kurang bergairah, bertelur namun sering tidak menetas seluruhnya, terlihat seperti gembol telur namun sebenarnya adalah lemak yang menghambat proses produksi telur. Jika anda merasakan hal itu terjadi pada indukan anda maka sebaiknya anda mengambil indukan lovebird macet produksi dan melakukan terapi penjemuran, sebelum anda menjemur indukan lovebird macet produksi sebaiknya anda memandikan dengan air yang bersih lalu jemur sekitar 1-3 jam pada siang hari. lakukan selama 3-7 hari jika anda melihat burung mulai birahi dan bulu-bulu mengkilap maka anda bisa memasukkan kembali ke dalam sangkar ternak.

      Delete