Tuesday, September 29, 2015

Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi - Hallo Sobat Berkicau Mania, Artikel yang sobat baca berjudul Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi, Artikel Berikut Berisi Tentang Artikel Lovebird, Artikel Tips Dan Triks, Selamat Membaca.

Judul : Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi
link : Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi

Read More


Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi

CARA MENGATASI DAN MERAWAT BURUNG LOVEBIRD OVER BIRAHI

CIRI-CIRI LOVEBIRD OVER BIRAHI

PERAWATAN LOVEBIRD OVER BIRAHI

Salam Kicau Mania,Khususnya lovebird lovers
Nah,Kali ini buat kamu lovebird lovers akan saya bagi tips Cara Mengatasi dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi,
Tentunya bukan sesuatu yang asing bagi kita pecinta Burung lovebird Lovers terkendala Burung Lovebird Over Birahi ketika akan tampil pada suatu lomba,hal ini berkaitan erat dengan karakter burung lovebird sendiri yang hoby kawin..hehehhehe,dan memang seharusnya menjadi burung hiasan saja,karena keindahan warnanya. Tetapi berkat ketekunan para Lovebird Lovers Kicau Mania mengoprek burung ini.Sehingga mau tampil menawan di Lomba Burung..Istemewa Sekali...Tapi Masalah Lovebird Over Birahi tentunya berpengaruh bagi para Lovebird Lovers yang mengikutkan Loverbird nya untuk lomba saja,kalau untuk ternak sich aman2 saja justru sangat membantu.
Over Birahi sendiri adalah suatau kondisi dimana terjadi peningkatan libido atau hasrat ingin berkembang biak atau kawin.
lovebird ngleper via mediaronggolawe.com

Banyak faktor yang bisa menyebabkan burung Lovebird over birahi
diantaranya karena memang usia burung menginjak usia kawin, pemberian Extra Fooding yang berlebihan, Penjemuran yang berlebihan,sehingga waktu burung akan tampil tidak dapat maksimal karena burung bukannya Ngekek eee malah Minta kawin..Weka..Weka..Weka..

Nah Ciri-Ciri lovebird yang Over Birahi Antara Lain :
1.Burung terpantau Mengawini tangkringan
2.Burung cenderung macet bunyi
3.Burung terkesan menjadi galak atau agresif
4.Apabila sudah parah burung bisa mencabuti bulunya sendiri

Lovebird Lovers,Over birahi tidak hanya menyerang burung Loverbird saja,karena ini siklus alamiah dan hormonal maka menyerang semua jenis burung.termasuk burung ternak,burung harian dirumah,dan burung yg dikhususkan untuk kontes atau lomba.

Ada beberapa Cara Mengatasi dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi yang bisa kamu coba dan prakter kan tetapi semua kembali kepada karakter burung tersebut pemulihannya dan juga ketelatenan Lovebird lovers sendiri, Sebagai berikut :

1. Meningkatkan Porsi Mandi
Mandi pada dasarnya bertujuan untuk membersihkan bulu burung dari kutu atau yang lain,tetapi cara ini sangat efektif untuk menurunkan birahi burung,peningkatan porsi mandi baik dilakukan ,misal yang biasa nya mandi 2x sehari bisa kita tingkatkan dengan menambah 3x.

lovebird mandi basah via lovebirdsolution.blogspot.com
Ada beberapa lovebird lovers yang meningkat porsi mandinya dengan menambah Mandi Malam,tapi saya sarankan untuk mandi malam kita melihat cuaca juga,kalo hujan sebaiknya jangan,karena burung bisa sakit. Untuk Mandi sendiri disesuaikan dengan kebiasan burung saja,Misal bisa dimandikan dengan disemprot, cepuk mandi atau dengan dikeramba. Lama dari proses ini smp burung benar-benar stabil birahinya tergantung dari karakter burung dan kondisi birahi burung pada awalnya,kita pantau saja bagaimana setelah kita tambah porsi mandinya.karena apabila sudah stabil masih kita mandikan maka akan drop fighternya.
2. Menghentikan Sementara Extra Fooding (EF)
Pemberian Extra Fooding (EF) seperti Jagung, Kangkung, Kuaci,dll secara berlebihan akan memicu Loverbird over birahi untuk itu selama Burung Lovebird dalam masa penurunan birahi alangkah baiknya jika pemberian Extra Fooding (EF) dihentikan dahulu,untuk suply vitamin kita bisa memberikan multivitamin yang banyak dijual dipasaran dengan diteteskan ke air minumnya,dan jagalah kualitas air minum tersebut dengan mengganti setiap hari.
extra fooding via lovebird32.blogspot.com

3. Pengaturan Waktu Penjemuran dan Pengembunan
Pengaturan Waktu atau porsi penjemuran dan pengembunan sangat berpengaruh juga untuk menstabilkan birahi Burung Lovebird. Pengembunan baik dilakukan untuk Burung karena waktu tersebut burung bisa menghirup udara yang segar sebelum dimandikan,baik untuk kebugaran burung juga. Sedangkan porsi Penjemuran kita kurangi saja selama lovebird Over Birahi,karena penjemuran yang terlalu lama akan meningkatkan suhu tubuh burung dan memacu over birahi,dan tidak baik juga apabila cuaca sudah sangat panas ultaviolet dari sinar matahari akan merusak bulu burung.
4. Masukkan Burung Ke Kandang Umbaran
Besarnya kandang umbaran sangat bagus untuk burung lovebird bergerak, Sekarang banyak juga kandang umbaran untuk lovebird yang dijual,jadi kita tidak perlu susah susah membuatnya,beri pangkringan dengan jarak yang agak berjauhan,agar merangsang burung lovebird terbang,intensitas bergerak atau terbang yang sering akan membuat burung sehat dan menurunkan birahi burung lovebird.
kandang umbaran via xcult-xcult.blogspot.com
5. Mengawinkan Burung Lovebird
Mengawinkan Burung Lovebird yang sedang overbirahi juga salah satu alternatif terakhir untuk menurunkan Lovebird yang Over Birahi tetapi ini menjadi sebuah kendala untuk burung lovebird yang digunakan untuk kontes atau lomba,karena burung yang sudah dikawinkan akan mengalami perubahan suara menjadi serak, dan burung akan mudah birahi nantinya.
lovebird kawin via gacormania.com

Baca Juga :

Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula
Tips Mengatasi Lovebird Terkena Penyakit Mata Snot
Tips Menjinakkkan Burung Lovebird
Tips Merawat Burung Lovebird Mabung
Tips Perawatan Harian Dan Setting Lomba Burung Lovebird

Demikian Cara Mengatasi dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi, Loverbird Lovers dapat menarik kesimpulan sendiri dan menyesuaikan dengan kondisi Burung Lovebird Lovers sendiri.

Semoga Bermanfaat,


Salam Berkicau Mania
Dari Pojok Jagad 





Itu tadi adalah Cara Mengatasi Dan Merawat Burung Lovebird Over Birahi
Sekian Sedikit Informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat Berkicau Mania kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 comments:

Post a Comment