Wednesday, September 23, 2015

Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula - Hallo Sobat Berkicau Mania, Artikel yang sobat baca berjudul Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula, Artikel Berikut Berisi Tentang Artikel Lovebird, Artikel Tips Dan Triks, Selamat Membaca.

Judul : Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula
link : Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula

Read More


Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula

Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula

Cara Ternak Lovebird

Cara Memelihara Lovebird

Ditengah Maraknya Dunia Kicau Mania,Muncul berbagai spekulasi usaha dalam beberapa aspek,dari mulai Usaha pakan, Accesories Burung dan juga Breading (Ternak). Kali ini akan kita titik beratkan pada Usaha Breading atau Ternak Khususnya Burung Loverbird,Burung Mungil dari Jenis Paruh Bengkok yang mempunyai keindahan warna yang menawan..Lovebird Lovers pasti sudah mengetahuinya.

Burung Lovebird sendiri mempunyai banyak jenis,tapi dalam dunia breading kembali pada keinginan kita saja ingin mengembangkan jenis yang mana,biasanya sich mengikuti pangsa pasar yang laku dari jenis apa. Para Breader ada yang memulai dengan Lovebird Non klep, Klep (kacamata), Import dan khusus Jenis yang dilombakan yaitu Lovebird Ngekek Panjang.

Lovebird Lovers adapun Cara Beternak Burung Lovebird Untuk Pemula Sebagai Berikut :

 Persiapan Sangkar Ternak Lovebird

Sangkar ternak sendiri kita bisa membuatnya dengan kawat ram atau sangkar besi atau kandang koloni, untuk Sangkar Besi atau Kawat Ram bisa dengan ukuran 50cm x 50cm x 50cm atau kita bisa membeli di Pasar Burung sangkar yang sudah jadi harganya juga terjangkau,untuk kandang koloni kita sesuaikan dengan tempat dan berapa pasang lovebird yang akan kita Ternak. Dan jangan lupa kita juga harus mempersiapkan Glodong untuk tempat Bertelur dan Mengerami telurnya,dengan ukuran 25cm x 20cm x 25cm,dari bahan Kayu.

Sangkar Ternak via xcult-xcult.blogspot.com 
Memilih Bibit Yang Bagus

Dalam pemilihan bibit kita tentukan dari jenis mana Lovebird yang akan kita ternak,disini Lovebird Lovers akan dihadapkan pada permasalahan yang dilematik..hahahhaa,yaitu pemilihan jenis kelamin karena lovebird yang kawin belum tentu berkelamin jantan dan betina. Tetapi kita bisa berusaha dengan meraba dari tulang supit burung lovebird tersebut,apabila lunak dan renggang kemungkinan burung tersebut betina,dan apabila keras dan rapat kemungkinan jantan,walaupun cara ini tidak sepenuhnya benar,tapi cara ini yang sering digunakan.ada cara yang lebih akurat yaitu dengan menggunakan sample DNA tetapi memakan biaya yang mahal.

Penjodohan Burung Lovebird

Kita Pilih burung yang sudah berusia mapan kira-kira 8bln keatas atau yang sudah birahi. Kita Pantau saja proses nya setelah kawin,apabila sudah kawin tapi tidak bertelur ada kemungkina  pasangan tersebut jantan x jantan,dan apabila bertelur lebih dari 5 dan tidak menetas semua ada kemungkina betina x betina. Proses penjodohan bisa kita siasati dengan cara memisahkan burung jantan dan betina pada sangkar yang berbeda dan kita dekat kan,dan kita pantau saja,apabila burung tersebut berdekatan  dan menunjukan tandatanda birahi kemungkinan burung tersebut berjodoh.ada cara yang lebih efisien yaitu mencampurkan beberapa burung siapan dalam satu sangkar,yang terpantau sering berdekatan kita ambil untuk dijadikan satu pasang. atau kita bisa membeli burung yang akan dijadikan Ternak tetapi kita musti paham istilah-istilah nya,dalam Penjodohan ada istilah Siapan yaitu burung dalam usia yang siap dijodohkan dan ada istilah Indukan yaitu Burung yang sudah berjodoh dan sudah berproduksi.
Penjodohan Dan Ternak via juallovebirdternak.wordpress.com

Pemberian Pakan

Dalam Pemberian Pakan Ternak Lovebird kita bisa memberikan pakan milet ,kangkung, jagung muda, biji bunga matahari dan bisa juga diberikan vitamin untuk meningkatkan birahi lovebird agar cepat kawin.
pakan lovebird via fjbkaskus.co.id


Persiapan Sarang Untuk Bertelur

Mempersiapkan Sarang untuk bertelur dapat kita berikan potongan kayu kecil atau daun-daun kering misalkan daun pisang,kulit jagung kering,dll. Agar terkesan alamiah jangan dibuatkan sarang,taruh saja bahan-bahan tersebut didalam sangkar,nanti akan ditata sendiri apabila burung akan bertelur. Hindari pemberian bahan-bahan yang mengandung sintetis krn bisa berbahaya,dan hidari pemberian bahan saran dari bahan-bahan sayuran yang masih basah,karena akan menimbulkan permasalah lain seperti pembusukan,dll.

Pengeraman Telur

Proses pengeraman telur lovebird sekitar 21-24 hari,memang agak lama,apabila dalam kurun waktu tersebut tidak menetas kita bisa mengambilnya saja agar burung mau bertelur lagi,pada proses pengeraman tidak usah sering kita lihat,karena akan menyebabkan burung lovebird menjadi galak dan memecahkan telurnya atau tidak mau mengerami,bisa juga menyebabkan burung stres dan tidak mau bertelur lagi.

Pentesan Telur

Pada Proses ini biarkan anakan lovebird berumur 10-14hari baru kita ambil dari glodok dan kita pisahkan,kita bisa melolohnya dengan menggunakan bubur balita atau kita beliikan pakan Loloh yang sekarang banyak dijual dipasaran. Pemberian pakan tersebut diloloh menggunakan Spet (Suntikan) pada anakan Lovebird,bisa dilakukan Sehari 3kali.
Loloh Anakan Lovebird via nangimam.blogspot.com


Evaluasi terus hasil ternak untuk peningkatan mutu dan kualitas Ternakmu kamu untuk hasil yang maksimal setiap produksinya,Jangan Berhenti bereksperiment dalam bermain warna ternak kamu,atau mencoba berternak Lovebird import atau Trah Ngekek Panjang untuk Bahan Lomba.

Baca Juga Artikel Mengenai :
Tips Mengatasi Lovebird Terkena Penyakit Mata Snot
Tips Menjinakkan Burung Lovebird
Tips Perawatan Harian Lovebird dan Setting Lomba
Tips Perawatan Burung Lovebird Mabung


Semoga Bermanfaat

Salam Berkicau Mania
Dari Pojok Jagad


Itu tadi adalah Tips Berternak Lovebird Untuk Pemula
Sekian Sedikit Informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat Berkicau Mania kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 comments:

Post a Comment